Agar Anak Tetap Aman Saat Mengakses Facebook

Anak Menggunakan Smartphone

Adalah sebuah hal yang penting bagi orang tua untuk tidak terlalu paranoid akan teknologi bagi anak-anak mereka, khususnya Facebook. Tidak selamanya Facebook memberikan dampak buruk seperti yang dibicarakan orang-orang. Justru jika anda bisa memberikan pengertian dan pendampingan yang baik pada anak, maka Facebook bisa menjadi sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan mereka.

Situs https://www.sonsofaeon.net membagikan sejumlah tips bagi para orang tua agar anak mereka tetap aman saat mengakses Facebook. Simak ulasannya berikut ini.

Berikan Pemahaman Sebelum Diizinkan Mengakses Facebook

Dari berbagai kasus yang ada, anak-anak sudah bisa menggunakan smartphone pada usia 6 tahun, bahkan di bawahnya. Berikan mereka pemahaman tentang teknologi, khususnya facebook baik dampak negatif dan positifnya. Sehingga saat mereka sudah anda izinkan untuk bisa mengakses Facebook, mereka sudah memiliki pengetahuan dasar. Jadi mereka bisa mengerti konten-konten yang bermanfaat bagi mereka dan tidak.

Pembatasan Usia

Anda harus bisa mengikuti aturan yang sudah diterapkan oleh Facebook, bahwasanya hanya mereka yang berusia di atas 13 tahun yang boleh menggunakan aplikasi ini. Anda harus bisa tegas dan disiplin serta tidak menyepelekan aturan pembatasan usia ini. Sebab usia 13 tahun, anak sudah dianggap memiliki mental dan pemikiran yang lebih matang untuk bisa membedakan mana hal baik dan buruk.

Aturan Dunia Maya Sama Dengan Dunia Nyata

Seperti halnya saat anda meminta agar anak anda berhati-hati ketika menyebrang jalan raya, anda harus mengajari mereka untuk berpikir terlebih dahulu sebelum membagikan konten atau mengunggah status di akun Facebook mereka. 

Sebab banyak kasus yang terjadi saat ini adalah, orang-orang begitu meremehkan aturan yang ada di dunia maya. Padahal semua sanksi yang bisa didapatkan ketika melakukan hal buruk di dunia maya, akan berakibat pada kehidupan mereka di dunia nyata.

Biarkan Mereka Mengajari Anda

Para remaja ini adalah generasi dengan pemikiran yang jauh lebih cerdas. Mereka lebih bisa cepat akrab dengan teknologi. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk meminta bantuan atau diajari tentang fitur-fitur yang ada di Facebook. 

Misal, saat ini banyak remaja yang melakukan live streaming bermain game di Facebook. Nah disini, sebagai orang tua anda bisa minta untuk diajari bagaimana cara bermain game sambil live streaming seperti itu. Hal ini akan menciptakan hubungan yang lebih dekat antara orang tua dan anak, dan orang tua akan jauh lebih mudah dalam memberikan pengawasan.

Bantu Mereka Mengatur Waktu 

Anak adalah peniru yang ulung, jadi mereka akan meniru apa yang orang tua lakukan. Sama halnya ketika anda membatasi jam mereka untuk menggunakan Facebook. Jika memang hanya dibatasi misal selama 2 jam, maka anda juga harus tidak mengakses Facebook atau menggunakan smartphone anda jika waktu itu sudah terlewati. Anda harus bisa mengikuti aturan yang anda terapkan sendiri.