Jenis-Jenis Dari Surat Resmi

Others
Jenis-Jenis Dari Surat Resmi

Surat resmi itu sendiri digunakan oleh pihak yang tertentu, dua orang, organisasi, lembaga, maupun lembaga yang memiliki tujuan resmi dengan kata lain resmi untuk berkomunikasi dengan formal untuk satu sama lain. Surat yang formal memiliki aturan dan juga regulasi yang jelas seperti penggunaan bahasa standar. Untuk isi surat juga harus efektif, jelas, dan dibuat dengan cermat sesuai dengan kebutuhannya.

Jenis-Jenis Dari Surat Resmi

Ada beberapa jenis surat resmi yang dapat digunakan oleh anda, apabila anda ingin membuat salah satu jenis surat resmi. Berikut jenis-jenis dari surat resmi, yaitu:

  1. Surat keputusan yakni menjadi salah satu dari beberapa jenis surat resmi yang ditujukan untuk menyampaikan sebuah keputusan dari pihak atasan yang berkaitan dengan hal yang akan diinformasikan. Pada umumnya surat keputusan ini berkaitan dengan struktur pada sebuah instansi maupun lembaga.

  2. Surat permohonan yakni jenis surat resmi yang digunakan oleh salah satu dari pihak untuk melakukan pengajuan permohonan kepada pihak yang lain. Untuk jenis surat permohonan ini dapat diperoleh dari lembaga ke lembaga, perseorangan ke perseorangan, maupun dari perseorangan ke lembaga.

  3. Surat kuasa yakni jenis surat resmi yang memberikan penjelasan tentang pemberian kuasa maupun wewenang dari salah satu pihak kepada pihak lain. Untuk jenis surat yang digunakan pada surat kuasa ini ditulis, apabila pihak pemberi kuasa sedang berhalangan, maka diwakilkan oleh pihak lain yang ditunjuk untuk diberikan kuasa.

  4. Surat perintah yakni salah satu dari beberapa jenis surat permohonan resmi yang isinya untuk memberikan tugas maupun perintah dari pimpinan atau atasan yang diberikan untuk pihak terkait. Pada umumnya jenis surat perintah ini dapat ditemukan pada sebuah instansi, lembaga, ataupun pada perusahaan.

  5. Surat pengantar yakni salah satu jenis surat resmi yang dapat digunakan untuk pengantar karena adanya maksud dan juga tujuan yang lain. Biasanya jenis surat yang satu ini dapat digunakan sebagai syarat untuk mengurus dokumen dan juga dokumen lain yang tertentu.

  6. Surat edaran yakni jenis surat resmi yang berisi pemberitahuan yang berkaitan dengan kegiatan maupun hal yang tertentu yang diberikan untuk kalangan yang ditujunya. Surat edaran ini memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk memberikan informasi, akan tetapi dikeluarkan secara formal dari instansi yang resmi.

  7. Surat undangan yakni jenis surat resmi yang memiliki tujuan untuk memanggil maupun mengundang seseorang atau pihak tertentu dari sebuah kegiatan ataupun acara. Untuk jenis surat undangan ini termasuk pada jenis surat resmi serta untuk penggunaan bahasa menggunakan bahasa yang formal.

Bagi anda yang akan membuat salah satu dari jenis surat, namun anda belum mengetahui apa maksud dari jenis surat tersebut. Mungkin beberapa penjelasan diatas tentang jenis-jenis dari surat resmi dapat membantu anda. Karena surat resmi itu sendiri digunakan untuk kepentingan atau tujuan yang resmi seperti pada organisasi, instansi, dan yang lainnya.