Kesalahan Umum Saat Proses Edit Video Dan Cara Mengatasinya

Design
Editing Video di PC

Proses video editing bagi sebagian orang adalah hal yang jenuh dan terkadang membuat cepat bosan, karena waktu yang dibutuhkan tidak sedikit. Dalam proses editing video banyak scene yang harus diatur dan dirapikan sedemikian rupa, agar hasilnya menjadi sempurna. Namun dalam prosesnya, entah karena jenuh dan kurangnya ketelitian ada sejumlah kesalahan yang dilakukan.

Sonso Blog mengulas beberapa kesalahan umum yang terjadi saat proses editing video, beserta cara untuk mengatasinya. Simak selengkapnya.

Suara Yang Buruk dan Tidak Konsisten

Dalam timeline video editor, akan ada beberapa komponen suara dengan intonasi dan level yang berbeda-beda. Banyak video editor yang membuang suara klip asli, dan menggantikannya dengan musik atau narasi. Terkadang yang tidak disadari, suara musik terlalu keras mengalahkan suara narasi atau video yang ada, sehingga perhatian audiens jadi terganggu. 

Cara mengatasinya adalah dengarkan video tersebut dengan mata tertutup. Dengan begini, anda akan tahu bagaimana naik turunnya level suara dalam video. Naik dan turunkan level volume agar terdengar rapi, atau sekalian menghilangkan suara jika memang tidak cocok dengan gambar dalam video.

Jump Cut

Jump Cut biasanya digunakan oleh video editor untuk mempercepat alur cerita dalam video, atau membuang bagian-bagian yang tidak dibutuhkan. Kesalahan umum yang terjadi adalah, terkadang penggunaan Jump Cut mengganggu alur cerita dalam video. Misal, seorang karakter dalam video tiba-tiba muncul, karena ada kesalahan pemotongan gambar sebelumnya. Atau karakter yang tiba-tiba berpindah tempat.

Cara mengatasi kesalahan ini adalah dengan menggunakan lebih dari 1 kamera, sehingga bisa mengambil gambar dari sudut berbeda. Tujuannya supaya hasil bidikan tidak monoton dan mengakibatkan pemotongan gambar yang tidak pas. Juga perlu memperhatikan dengan seksama alur yang sedang berjalan, setiap perkataan yang diucapkan dan momen yang terjadi dalam video. 

Transisi Tidak Sempurna

Biasanya kesalahan ini terjadi karena durasi transisi yang tidak pas, lebih lama dari klip yang ada sehingga terkadang menumpuk clip yang sedang berjalan. Jadi transisi masih berjalan, namun klip hanya tersisa sepersekian detik untuk muncul. Cara mengatasinya dengan memperhatikan durasi yang digunakan. Klip gambar harus lebih lama daripada transisi yang dipakai.

Lagu Yang Tidak Cocok

Pasti anda sering menemukan video dengan lagu yang tidak sesuai. Misal saat video yang menggambarkan keadaan sedih, namun lagu yang digunakan lagu ceria. Atau juga saat video menggambarkan adegan yang menunjukkan kecepatan, namun lagu yang diputar malah lagu slow. 

Cara mengatasi kesalahan ini adalah, pastikan anda melihat secara keseluruhan adegan yang ada di video. Anda harus memahami feel dan momen yang ada dalam video. Berikutnya baru menentukan jenis musik yang akan digunakan. Saat ini juga banyak situs yang menawarkan koleksi lagu bebas hak cipta dengan kategori bervariasi. Manfaatkan situs tersebut, untuk memudahkan anda mencari lagu yang sesuai dengan momen pada video yang akan ada edit.