Pengertian Desain Web dan Fungsinya

Pengertian Desain Web dan Fungsinya

Pengertian desain web adalah bentuk grafis dalam membuat halaman website. Dari pengertian ini bisa disimpulkan bahwa desain web sangat penting dalam pembuatan sebuah website. Namun, apakah fungsi desain web tersebut?

Fungsi Desain Web

Pada dasarnya, fungsi dari desain web adalah sebagai acuan untuk pengembangan sebuah website. Jadi, tidak semua orang bisa melakukan desain web.

Kenapa? Karena dalam web desain, tampilan website akan berpengaruh pada kenyamanan visitor dalam menggunakan website Anda. Jika tampilan website Anda berantakan, visitor tentu tidak akan tertarik, bahkan akan merasa bahwa website Anda tidak layak untuk dikunjungi.

Lalu, orang seperti apa yang bisa mendesain website? Seorang web designer tentu perlu mengerti esensi warna dan komposisi seperti tata letak, tipografi dan yang lainnya yang sesuai dengan tujuan pembuatan website.

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan dan menyeimbangkan antara keindahan dan fungsi dari website itu sendiri. Jika Anda terlalu memperhatikan mengenai keindahan website, maka fungsi website tidak akan berjalan dengan baik. Hal yang sama juga akan terjadi ketika Anda fokus pada fungsinya namun kurang memperhatikan estetikanya sehingga tampilan website kurang menarik.

Pengertian Desain Web dan Fungsinya
Pengertian Desain Web dan Fungsinya

Perhatikan Ini Saat Merancang Desain Web

Sesuai dengan pengertian desain web, maka Anda perlu memperhatikan hal berikut ini agar tampilan atau bentuk grafis dari website tersebut menarik:

  • Penggunaan Warna

Sesuaikan warna dengan karakter yang Anda inginkan. Misalnya, Anda merancang website untuk anak-anak, akan lebih baik untuk menggunakan warna yang cerah. Selain itu, perhatikan dengan skema atau kombinasi warna yang Anda pilih agar tampilan website terlihat tetap menarik.

  • Pemilihan Teks

Terlihat sederhana dan mudah karena hanya font, namun font sangat berpengaruh pada tampilan. Tidak jarang, penggunaan jasa website murah diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Font yang dipilih tentu harus sesuai dengan website, misalnya apakah website tersebut untuk kebutuhan formal atau informal. Jangan lupa untuk memperhatikan spasi dan besar teks agar tampilan website seimbang, menarik dan enak untuk dibaca.

  • Layout Sederhana

Jangan lupakan untuk menggunakan layout yang sederhana agar lebih user friendly. Layout sederhana ini juga akan membantu Anda untuk penataan elemen seperti header, konten dan footer dengan lebih mudah.

  • Alur yang User Friendly

Dalam membuat desain web, Anda tentu menggunakan tombol agar bisa berpindah ke halaman yang lain. Peletakan tombol ini perlu untuk diperhatikan dengan baik agar visitor Anda mudah untuk mengoperasikan website Anda.

Jika menu navigasi tidak jelas, alur semrawut, bahkan layout yang terlalu ribet, akan menyebabkan visitor bingung. Hingga akhirnya memutuskan untuk keluar dan tidak mengunjungi website Anda. Hal ini tentu akan merugikan terutama untuk website bisnis.

Jadi, lewat pengertian desain web dan fungsinya tersebut, Anda bisa lebih memperhatikan dan mempersiapkan merancang situs dengan baik.