Struktur Penulisan Artikel yang Benar, Begini Caranya

Others
Struktur Penulisan Artikel yang Benar, Begini Caranya

Bagi anda yang bingung bagaimana struktur penulisan artikel yang benar? Maka ini salah satu artikel yang sangat tepat untuk anda. Jika sudah sering melihat website atau blog pasti sudah tidak asing dengan istilah artikel. Ada banyak sekali jenis artikel yang beredar di internet. Dan yang anda baca saat ini adalah salah satunya.

Siapa saja boleh menulis artikel, yang terpenting tidak menyalahi aturan atau hukum yang berlaku. Namun, karena siapa saja bebas menulis artikel menyebakan banyak struktur artikel di internet yang kurang tepat. Banyak orang yang membuat artikel dengan struktur penulisan yang terkesan asal-asalan.

Kami akan membagikan bagaimana struktur jasa penulis artikel yang benar. Bagi yang tertarik dengan penulisan artikel wajib perhatikan dengan saksama. Supaya dapat membuat artikel dengan struktur yang benar. Sehingga membuat para pembaca menjadi bisa menangkap pesan yang ingin disampaikan dengan baik.

Apa Itu Artikel

Bagi yang belum tau apa itu artikel, artikel adalah karangan dari seorang penulis berisi tentang opini dan fakta secara mendalam dengan panjang tertentu dan dipublikasikan pada media cetak maupun media online. Artikel dapat ditemukan dengan mudah, bisa di koran, majalah, buletin, website, blog, portal, dan media sosial.

Selain itu ada yang mengatakan bahwa artikel adalah suatu karangan berupa esai yang isinya menyampaikan ide-ide atau fakta-fakta secara objektif, dimana tujuannya untuk meyakinkan, membujuk, dan menghibur pembacanya. Isi dari sebuah artikel sangat bermacam-macam, ada banyak sekali topik yang dapat diangkat. Berikut pengertian artikel dari beberapa ahli:

  1. Menurut Rillan E. Wolseley, pengertian artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tidak dapat ditentukan, dimana tujuannya untuk menyampaikan gagasan maupun fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik, ataupun menghibur.

  2. Menurut Sumandiria, pengertian artikel adalah suatu karya tulis lepas yang isinya berupa opini tentang masalah yang sifatnya aktual dan biasanya bersifat kontroversial dengan tujuan menghibur, memberitahu, mempengaruhi, dan meyakinkan para pembacanya.

  3. Menurut Al – ‘Aqli, artikel adalah karya tulis yang dibuat oleh setiap disiplin ilmu serta masing-masing pembahasan tersebut dikaji dan juga diselesaikan dengan tuntas, jelas, serta lugas sehingga pembaca dapat mengambil inti sarinya.

Struktur Penulisan Artikel

  1. Judul Artikel

Judul adalah struktur penulisan artikel yang pertama. Judul adalah bagian yang sangat penting. Judul harus menggambarkan isi dari artikel yang dibuat. Biasanya untuk keperluan SEO, judul mengandung kata kunci yang ditargetkan. Buatlah judul yang menarik agar membuat pembaca tertarik untuk melihat isi artikel.

  1. Pembukaan atau Pengantar Artikel

Fungsi dari pembukaan adalah sebagai pembahasan mendasar sebelum masuk ke struktur lainnya. Biasanya berisi uraian narasi, peristiwa, pernyataan, kutipan, dan lainnya. Apabila akan menulis artikel dalam jumlah kata yang banyak sebaiknya menggunakan teknik deduktif. Apabila dengan jumlah kata yang sedikit sebaiknya menggunakan teknik induktif.

  1. Isi Artikel

Ini adalah struktur penulisan artikel yang paling penting yaitu isi. Bagian inilah yang berisi mengenai pembahasan dari suatu artikel. Isi dari sebuah artikel tidak boleh keluar dari topik utama. Isi harus menjelaskan secara detail dan menyeluruh dari topik yang dipilih. Jika ditampilkan pada sebuah website artikel yang bagus akan menarik minat baca. Hal tersebut akan berefek pada peringkat website pada hasil pencarian Google.

  1. Penutup

Struktur penulisan artikel yang terakhir yaitu penutup. Bagian penutup biasanya berisi kesimpulan dari bahasan inti artikel. Bagian penutup biasanya terletak pada paragraf paling akhir dari suatu artikel.

Nah, penerapan struktur penulisan artikel seperti di atas dapat diterapkan pada berbagai jenis artikel. Tinggal disesuaikan saja kata kunci yang sedang ditarget. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memasukkannya ke dalam pembahasan artikel. Tapi jangan terlalu banyak mengulangi kata kunci cukup beberapa kali saja.