Kiat Membuat Logo Karang Taruna Vector Dalam Beberapa Langkah

Design
logo

Tiap organisasi pasti memerlukan logo untuk mengomunasikan apa yang ingin disampaikan ke khalayak, terlebih untuk karang taruna. Logo karang taruna vector bahkan sangat diminat saat ini karena mampu menyajikan identitas visual lebih baik dibanding jenis lainnya.

Sebagai identitas visual, logo harus mengandung nilai-nilai yang dianut karang taruna. Sebagai bagian dari organisasi kemasyarakatan, logo karang taruna vector harus bisa mencirikan budaya setempat. Meski terlihat sulit, tapi membuat logo sebenarnya lebih mudah dari yang dibayangkan.

Dengan memakai Illustrator misalnya, logo sederhana tapi bermakna bisa dihasilkan. Lalu bagaimana cara membuat logo karang taruna vector? Kiat berikut akan menjawabnya.

#1. Tuangkan Ide

Tak perlu berkecil hati jika tak punya keahlian menggambar karena program komputer bisa membuat coretan tangan dikonversi ke dalam grafis secara matematis. Buat sketsa apapun yang diinginkan dan biarkan program komputer membantu, selanjutnya tinggal sesuaikan.

#2. Gunakan Shapes

Gambar awal yang masih berupa sketsa tersebut selanjutnya diolah dengan memakai Shapes. Alat ini bisa diakses lewat menu Tools kemudian pilih Shapes. Pada kondisi default, Shapes akan berada dalam mode Marque, jadi coba ganti ke Square. Selanjutanya mulai pengeditan.

#3. Gunakan Align Lalu Pathfinder

Align diperlukan guna melihat tampilan keseluruhan sketsa agar jadi lebih seimbang. Klik menu lalu pilih Align pada jendela yang terbuka. Selanjutnya gunakan Pathfinder untuk menghubungkan garis dari sketsa menjadi satu kesatuan. Klik Menu lalu Pathfinder kemudian klik tombol Unite di bawah Shape Modes.

#4. Gunakan Rounded Corner

Untuk menghaluskan titik pertemuan dari beberapa garis, gunakan Rounded Corner. Tekan A untuk mengaktifkan Direct Selection Tools lalu pilih gambar. Klik Window di bagian atas untuk memastikan bahwa menu Control sudah dicentang lalu klik garis titik-titik biru di ujung gambar. Pada bagian Corner, isikan angka .07.

#5. Tambahkan Teks Agar Lebih Berkarakter

Jika dirasa sudah cukup, sekarang tambahkan teks dengan menekan T untuk mulai menulis. Akan muncul kotak teks yang bisa ditempatkan di mana saja, lalu pilih jenis huruf beserta ukuran yang sesuai. Tak perlu khawatir dengan teks karena bisa diubah-sesuaikan nanti sehingga mencapai keseimbangan visual.

#6. Buat Penyesuaian Akhir

Pada tahap ini, desain awal harusnya sudah jadi. Lakukan penyesuaian agar terlihat lebih seimbang. Idealnya, logo harus harus punya tampilan visual seimbang dan mudah dikenali. Ini bisa dilakukan menyesuaikan ukuran lingkaran atau objek lain, juga dengan menempatkan elemen di bagian yang tepat.

#7. Tambahkan Warna Sebagai Finishing

Pada aspek finishing, pewarnaan merupakan bagian paling penting. Tapi logo yang baik seharusnya tak memakai banyak kombinasi warna. Terlalu banyak warna justru mengindikasikan ketidak-jelasan logo, menjadi susah dikenali, dan sulit diingat. Sederhana justru lebih baik. Baca juga : https://www.sribu.com/id/cat/jasa-pembuatan-website

Pada dasarnya, membuat logo karang taruna vektor bisa didapat dengan beberapa langkah mudah tersebut. Tinggal sesuaikan dengan ide dasar, dan jangan takut untuk berkreasi. Selamat mencoba!