Tak Boleh Diremehkan Ini 4 Fungsi Nota Dalam Transaksi Bisnis

Others

Selain kwitansi, nota juga dikenal sebagai salah satu satu bukti transaksi jual beli yang sudah umum digunakan dalam sebuah usaha atau bisnis, terutama yang berkaitan dengan perdagangan. Jika menilik fungsi nota dalam transaksi bisnis, nota memiliki fungsi yang cukup penting. Baik bagi pihak penjual (pemilik bisnis), maupun untuk pembeli.

Pasalnya nota memiliki dua salinan, yang mana salinan pertama diberikan kepada pembeli. Untuk salinan kedua akan disimpan oleh penjual sebagai arsip. Lantas apa saja fungsi nota dalam transaksi bisnis?

Sebagai Record Pemasukan dan Pengeluaran untuk Perusahaan

Adanya laporan keuangan dalam setiap perusahaan merupakan sebuah hal yang krusial. Apalagi di dalam dunia bisnis tidak luput dari adanya transaksi dengan banyak pihak.  Oleh karena fungsi nota dalam transaksi bisnis sendiri bisa menjadi record atau catatan dari setiap pemasukan maupun pengeluaran suatu usaha

Dengan adanya bukti fisik transaksi berupa nota, maka laporan keuangan akan lebih transparan sehingga dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk Pengecekan Stok Barang

Fungsi nota dalam transaksi bisnis tidak hanya sebatas sebagai arsip atau catatan laporan keuangan saja. Nota juga bisa digunakan untuk mengecek barang keluar (terjual), terutama jika usaha yang dijalankan bergerak dalam bidang perdagangan.

Pasalnya, dalam setiap nota tertera jumlah dan juga jenis produk atau barang apa saja yang dibeli oleh konsumen. Dengan begitu perusahaan pun dapat lebih mudah mengecek apakah stok barang yang ada sudah sesuai atau justru terdapat selisih.

Bukti Adanya Retur Barang

Selain sebagai bukti pembayaran, fungsi nota dalam transaksi bisnis lainnya adalah bisa digunakan sebagai bukti retur atau pengembalian barang yang dijual oleh konsumen. Biasanya barang diretur karena beberapa alasan seperti rusak atau adanya ketidaksesuaian barang yang dimaksud.

Untuk membuktikan adanya retur barang maka perusahaan atau toko perlu membuat nota debet atau kredit. Oleh perusahaan nota ini akan digunakan untuk memeriksa ulang dokumen faktur sebelumnya untuk melakukan penyesuaian barang yang dikembalikan.

Menambah Kepercayaan Konsumen Pada Usaha Anda

Tak bisa dipungkiri jika terkadang dalam proses jual beli terdapat ketidaksesuaian barang yang dibeli. Dengan adanya bukti transaksi secara fisik maka konsumen bisa mengajukan retur selama dapat menunjukkan bukti pembayaran. Jadi konsumen pun memiliki jaminan untuk mendapat layanan terbaik, dan pastinya konsumen akan menjadi lebih percaya untuk membeli produk atau menggunakan jasa dari sebuah usaha.

Setelah semakin tahu mengenai pentingnya fungsi nota dalam transaksi bisnis, maka tak ada alasan lagi untuk tidak membuat nota untuk transaksi jual beli. Anda pun bisa membuat nota dengan format yang benar sendiri, dengan mengetahui cara membuat nota sendiri di sini.